Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Saat ini, krim wajah menjadi primadona bagi banyak wanita untuk melengkapi serangkain skincare rutin mereka. Tapi, kamu harus cermat dalam memilih cream wajah yang aman. Tidak sedikit orang curang yang menawarkan krim palsu dengan iming-iming hasil instan.

Kandungan dalam krim pemutih wajah seharusnya bekerja untuk mengurangi produksi melanin tubuh sehingga wajah akan nampak bersinar dan cerah. Sayangnya, masih banyak sekali bahan berbahaya yang terkandung dalam krim wajah di pasaran.

Krim abal-abal tersebut akan menimbulkan berbagai efek buruk bagi penggunanya. Berikut ini daftar efek sampingnya.

Keracunan Merkuri

Efek samping yang bisa kamu rasakan adalah keracunan merkuri. Salah satu jenis logam ini sering kali digunakan untuk mencerahkan warna kulit maupun menghilangkan noda hitam pada tubuh, terutama wajah.

Tetapi, bahan aktif ini sangat berbahaya dan memiliki dampak yang mengkhawatirkan jika terus kamu gunakan. Beberapa gejala keracuanan merkuri dari penggunaan krim pemutih bisa kamu rasakan, lho. Misalnya, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, terlalu sensitif dengan cahaya, dan mati rasa.

Dermatitis

Dermatitis adalah kumpulan gejala yang berkaitan dengan masalah pada kulit akibat peradangan karena kontak langsung dengan senyawa alergen. Kandungan senyawa bahaya dalam pemutih abal-abal dapat memunculkan gejala yang sangat menganggu. Misalnya, kulit merah dan melepuh, merasa gatal, kulit kering dan bersisik, terjadi pembengkakan, dan muncul sensasi terbakar.

Jika kamu sudah terlanjur memakai krim tersebut dan muncul gejala tadi. Maka, segeralah konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jerawat

Krim palsu juga mengandung kortikosteroid yang bisa menyebabkan munculnya jerawat steroid. Jerawat ini muncul di dada, punggung, lengan, bahkan bisa timbul di wajah karena penggunaan yang terlalu lama.

Gejala jerawat steroid yang biasa muncul setelah pemakain krim pemutih abal-abal, seperti komedo, benjolan merah yang menyakitkan, dan bekas jerawat.

Sindrom Nefrotik

Sindrom ini adalah penyakit ginjal yang bisa terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah di ginjal. Sudah kamu ketahui bahwa ginjal berfungsi untuk memfilter limbah dan kelebihan air dalam tubuh.

Apabila ginjal mengalami kerusakan, maka tubuh akan mengeluarkan protein dalam urin secara berlebihan. Krim pemutih yang mengandung logam merkuri, akan menimbulkan efek buruk yang muncul bersama beberapa gejala.

Gejala yang bisa muncul adalah pembengkakan sekitar mata, kaki, dan pergelangan kaki. Selain itu, gejala lain berupa urin berbusa, nafsu makan turun drastis, dan selalu merasa lelah.

Nah, itu tadi beberapa efek buruk krim pemutih wajah palsu. Kamu memang harus pintar dalam menentukan krim sesuai dengan  kebutuhan dan kesehatan kulitmu.

Kamu bisa memimilih krim wajah aman di klinik AFK Beauty skincare dengan mengunjungi https://afkbeautyskincare.com/klinik/. Banyak pilihan krim yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulitmu. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *